Minggu, 23 Oktober 2011

Merawat dan Berbudidaya Hamster Imut



Hamster imut ini adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Tubuhnya yang kecil, imut dan menggemaskan tentu siapapun akan tertarik untuk memeliharanya. Memelihara hamster imut ini tidaklah susah asal Anda tahu apa saja kebutuhan hewan pengerat yang satu ini.

Faktor-Faktor Penting dalam Merawat Hamster

Dalam merawat hamster, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hamster Anda bis tumbuh dengan baik.
  • Kandang

Anda bisa membeli perlengkapan hamster di petshop, kandang adalah salah satunya. Ada banyak macam kandang, ada yang terbuat dari kaca, plastik atau besi. Semua tipe ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tidak masalah Anda ingin membeli kandang yang terbuat dari apa.

Pilihlah kandang yang cukup besar bagi hamster imut Anda, idealnya adalah yang berukuran sekitar 30 x 30 cm dengan tinggi 50 cm, atau minimal mainan hamster bisa masuk ke kandang (roda putar/jogging wheel). Semakin luas kandang, pertumbuhan hamster bisa lebih baik, karena hamster bisa leluasa berlarian dan tidak bosan.
  • Alas Kandang

Kandang hamster yang baik adalah kandang yang dilengkapi dengan alas kandang. Alas kandang yang dimaksud bisa berupa macam-macam.

Umumnya yang dipakai sebagai alas kandang adalah kayu serut (serbuk kayu). Tapi Anda juga bisa menggunakan potongan kertas atau tissue. Manfaat pemberian alas kandang ini adalah untuk menghangatkan hamster imut Anda, bisa menyerap urin, dan juga berfungsi sebagai bahan untuk pembuatan kandang mereka.

Ya, hamster suka sekali membuat kandang sendiri dari alas kandang yang tersedia, entah itu dari serutan kayu, potongan kertas, atau tissue.
  • Makanan

Saat ditanya apa makanan hamster, Anda pasti langsung terpikir akan biji bunga matahari. Ya, makanan yang satu ini memang sangat disukai hamster, tapi jangan sampai salah sangka bahwa biji matahari ini adalah makanan pokok hamster imut Anda.

Biji matahari akan membuat hamster menjadi cepat gemuk, ini dikarenakan kadar lemak yang cukup tinggi pada biji matahari. Berikan biji ini sekali-sekali saja, dan berilah sayuran seperti kol atau potongan buah sebagai makanan mereka.

Sebaiknya Anda menghindari pemberian daun selada, daun bawang dan makanan yang berbau menyengat, karena makanan seperti ini bisa menngganggu kesehatan hamster.

Selain sayuran, memberi pelet/konsentrat hamster juga dianjurkan. Tidak hanya sebagai penambah nutria makanan, pelet yang keras akan baik untuk pertumbuhan gigi hamster.
  • Mainan

Salah satu komponen penting dalam kandang hamster adalah mainan. Umumnya yang digunakan sebagai mainan adalah jogging wheel atau roda berputar.
Anda juga bisa memberikan mainan-mainan lain, misalnya rumah-rumahan hamster agar hamster merasa nyaman dan tidak jenuh di dalam kandang. Semua peralatan ini bisa Anda temukan di petshop dengan harga yang tidak terlalu mahal.






Tips Lain Merawat Hamster Imut
  • Jagalah selalu kebersihan kandang, gantilah alas kandang secara rutin dan bersihkan sisa-sisa makanan hamster agar tidak membusuk dan menimbulkan penyakit.
  • Bersihkan hamster imut Anda secara rutin. Jangan memandikan hamster dengan air, mereka punya cara sendiri untuk mandi. Bersihkan hamster Anda dengan pasir khusus yang bisa dibeli di petshop, atau cukup Anda bedaki saja secara teratur agar hamster tidak bau.
  • Untuk tempat makanan, Anda bisa menggunakan mangkuk kecil dari plastik. Untuk tempat minuman, Anda sebaiknya menggunakan tempat minum yang bisa mengeluarkan air bila hamster ini menjilatnya. Jangan menaruh air minum di mangkuk, karena bisa tumpah dan membahayakan kesehatan hamster.
  • Anda juga bisa melatih hamster Anda untuk selalu membuang kotoran di “toilet” yang Anda sediakan di dalam kandang (bisa berupa mangkuk kecil yang dilapisi tissue). Cara melatihnya cukup mudah, taruhlah sedikit kotoran di “toilet” yang Anda buat, kadang hamster bisa langsung mengerti kalau benda itu adalah tempat membuang kotoran.
  • Sering-seringlah berinteraksi dengan hamster imut peliharaan Anda. Bisa dengan mengajaknya bermain, memberi tissue untuk pembuatan kandang mereka, atau memberi mereka biji bunga matahari. Kedekatan seperti ini akan membuat hamster sadar bahwa Andalah majikan mereka dan mereka tidak akan stres walau Anda pegang saat dibersihkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar